H a n a R a

The  Art  and  Practice  of  Vibrant  Living

  • Grey Instagram Icon
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Google+ Icon

Berbahaya! Jangan Abaikan "Alarm Tubuh" Anda!


ALARM TUBUH​​

Pernah merasakan atau mengalami gejala seperti:

Kabar baiknya, umumnya itu bukan berarti Anda sakit. Itulah 'alarm tubuh'.

Tubuh manusia memiliki sistim meridian yang membangun sistem kecerdasan tubuh alami (Body Intelligence) yang amat menakjubkan.

Body Intelligence bukan hanya dapat memberitahu kita tentang sesuatu yang tidak benar terjadi pada kesehatan kita sesudah terjadi, tapi bahkan sebelum kerusakan tubuh itu terjadi.

Sistem alarm tubuh merupakan sistem peringatan dini agar kita waspada. Dalam konsep Body Intelligence, tubuh baik fisik maupun emosi dapat 'berkata' tentang kesehatan kita secara jitu dan jujur.

Beberapa orang mencontohkan alarm tubuh ini seperti gejala tangan berkeringat, kelopak mata terasa bergerak-gerak sendiri, dan lain sebagainya. Dalam soal emosi, mungkin Anda yang mengalami tekanan batin dan gejala lain yang menandakan seseorang mengalami stres.

Sayangnya kadang banyak orang tidak terlalu memusingkannya, dan memperlakukannya persis seperti kita memperlakukan alarm untuk membangunkan kita dari tidur.

Bunyi alarm ternyata hanya cukup untuk membangunkan satu lengan Anda. Dari bawah selimut, tangan Anda secara otomatis bergerak ke meja samping tempat tidur lalu mematikan alarm, dan kebiasaan ini tertanam bertahun-tahun karena pengulangan.

Meskipun niat Anda bangun tepat waktu, biasanya Anda akan tertidur lagi setelah dering pertama, lalu Anda bangun entah pada dering keberapa. Hal ini sebenarnya menandakan bahwa Anda sebenarnya tidak merasa butuh banyak waktu untuk bersiap-siap ke tempat kerja.

Akhirnya, alarm yang paling akhir berbunyi di kepala Anda. BANGUN SEKARANG ATAU DIPECAT!

Duuuaaarrr ...

Anda mandi dengan kecepatan luar biasa, sarapan sambil berjalan, dan berangkat. Kalau saja Anda bisa lebih cepat dibandingkan pimpinan Anda sampai ke kantor ...

Kabar buruknya: Pimpinan Anda sudah menunggu Anda di meja Anda.

Kabar baiknya: Anda tidak lagi perlu khawatir tentang alarm Anda di pagi hari. BAHAYA Masalah utama dalam contoh ini bukanlah pada pilihan Anda untuk mengabaikan alarm Anda, tetapi karena Anda melakukannya hari demi hari, sampai akhirnya seluruh hidup Anda terlempar sangat jauh dalam ketidakseimbangan yang bahkan tidak bisa dipulihkan lagi.

Di saat itulah bahaya berupa penyakit dan lain-lain betul-betul sudah mulai mengancam.

Sayangnya, kasus yang sama terjadi setiap hari pada orang-orang yang mengabaikan "alarm" internal mereka sendiri. Beberapa orang bahkan sengaja membangun budaya yang menganggap bahwa tubuh tidak perlu dimanjakan. Orang-orang yang sangat sensitif, yang cepat beraksi secara alami saat alarm berbunyi. Akhirnya malah kerap dinilai manja. Budaya 'jantan', 'manusia tangguh pantang mengeluh', 'iron lady dan iron man' inilah yang membuat alarm tubuh akhirnya sering diabaikan secara paksa. Dicap sebagai sugesti atau kebetulan saja.

Mereka membiasakan diri untuk mengabaikan semua gejala atau keluhan. Padahal, gejala atau keluhan inilah sesungguhnya sistem alarm tubuh Anda yang dibangun untuk melindungi Anda dari potensi krisis.

TIPS Apa saja pilihan Anda bila gejala muncul?

(1) Abaikan? Pertama, Anda bisa memilih untuk tidak melakukan apa-apa. Ini yang dilakukan oleh kebanyakan orang, setidaknya untuk sementara waktu. Banyak yang berharap bahwa dengan mengabaikan peringatan tersebut, maka entah bagaimana, masalahnya akan pergi dengan sendirinya. Padahal, bahkan jika rasa sakit akhirnya reda, penyebab sesungguhnya jarang sembuh dengan sendirinya.

(2) Obat untuk melenyapkan gejala? Ketika mengabaikan masalah terbukti tidak efektif, tentu saja tindakan Anda berikutnya mungkin adalah menelan pil atau obat pereda nyeri. Ini adalah hal yang paling sering kita dengar dan lakukan. Menghilangkan gejala sebenarnya sama persis seperti mematikan dering alarm. Sekedar menunda saja. Karena akhirnya, Anda toh tetap harus bangun agar dapat mengatasi masalah Anda dengan efektif.

(3) Pilihan ketiga Anda: Meridian.

Fokus perawatan meridian di HanaRa Wellbeing Center adalah untuk menghilangkan penyumbatan sistem meridian untuk memulihkan keseimbangan tubuh, yang memungkinkan life energy (energi kehidupan) kembali mengalir bebas dalam tubuh dan mengaktifkan sepenuhnya sistem Body Intelligence tubuh Anda. Gejala sebenarnya tidak akan muncul jika tidak ada ketidakseimbangan yang mendasarinya. Jadi, hilangkan saja penyebabnya, gejala pun akan hilang sama sekali.

Berikut contoh sederhana bagaimana sistem Body Intelligence merespon hal yang tidak ideal bagi kesehatan tubuh dengan mengaktifkan alarm tubuh bekerja sebagai garis depan perlindungan tubuh kita.

Beberapa orang saat menyantap makanan yang mengandung MSG (juga dikenal sebagai monosodium glutamate atau vetsin ), tubuhnya dapat langsung memberikan gejala seperti pusing secara tiba-tiba, bernafas jadi sesak, mual, otot leher serasa kaku dan tegang. Inilah keadaan yang dinamakan 'alarm tubuh'.

Seseorang yang paham konsep meridian yang membangun sistem Body Intelligence akan peka dan bertindak cepat. Apabila keadaan itu dialami, dia akan langsung berhenti untuk menyantap makanan tersebut. Walau banyak orang menyebutnya manja karena selalu memilih-milih menu, bahkan kadang dinilai berlebihan. Tetapi dia tetap melakukannya, karena dia tahu, bahwa tubuhnya sendiri akan sangat bersyukur, karena peringatan dini tubuh telah direspon dengan baik. Karena apabila diabaikan, kondisi kesehatan tubuh akan anjlok. Akhirnya penyakit pun datang.

Bukan saja soal MSG, tubuh juga memberikan respon yang cepat sebagai gejala 'alergi' untuk berbagai jenis makanan, obat, minuman bahkan keadaan udara/suhu. Mengabaikannya berbahaya. Banyak yang harus berurusan dengan rumah sakit hanya karena beberapa kali mengabaikan alarm tubuh mereka. Bahkan dalam beberapa kasus yang ditemui berakibat fatal.

Melalui kelas-kelas Self-healing di HanaRa Wellbeing Center, pemahaman atas konsep alarm tubuh yang dibangun Body Intelligence membuat seseorang jadi pintar dalam menata kesehatannya secara mandiri.

Seseorang yang sudah paham konsep Body Intelligence, saat mengalami kejadian seperti ini, pasti akan mengingat dan mencatatnya. Di lemari bumbu bahkan di depan lemari es menempel catatan tentang jenis makanan dan penyedap tertentu yang dari pengalaman, tidak boleh dimakan. Bukan saja jenis makanan dan minuman, juga catatan akan jenis obat yang memberikan efek samping yang kurang baik untuk tubuhnya akan selalu dibawanya ketika berobat ke dokter.

Di HanaRa Wellbeing Center, Vibrant life atau kualitas hidup sehat bahagia produktif dan bermanfaat seumur hidup itu ternyata berawal dari pemahaman 'alarm tubuh' sebagai salah satu hadiah terindah sistem meridian tubuh Anda yang membangun sistim Body Intelligence tubuh sebagai salah satu benteng perlindungan utama kesehatan Anda.

Mari pahami tip sederhana di kelas-kelas Self-healing di HanaRa untuk mengaktifkan sistem meridian dan mulai membangun Body Intelligence Anda dan mulailah berlatih mendengarkan tubuh Anda sendiri.

#BahasaIndonesia

Featured Posts